Kasi PTK SD Dikbudpora Kabupaten Bima Gelar Kegiatan KKG - KUPAS BIMA

Headline News

Jumat, 14 September 2018

Kasi PTK SD Dikbudpora Kabupaten Bima Gelar Kegiatan KKG


BIMA_KUPAS BIMA. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, khususnya pada jenjang pendidikan dasar yang memberikan bekal kemampuan peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan dasar.

Oleh karena itu, kemampuan atau kompetensi guru perlu untuk selalu dibina dan ditingkatkan, supaya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dapat menciptakan kinerja yang baik.

Sebagai upaya dalam membina atau meningkatkan kemampuan guru di sekolah dasar salah satunya adalah melalui KKG. “KKG merupakan wadah atau forum kegiatan profesional bagi para guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di tingkat gugus atau kecamatan yang terdiri dari sejumlah guru dari sejumlah sekolah. Ungkap Ico.

Kasi PTK SD Ico Rahmawati, S.Pd M.Pd menjelaskan, KKG adalah wadah pertemuan bagi para guru sekolah dasar yang tergabung dalam organisasi gugus sekolah.

“Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah suatu wadah pembinaan profesional bagi para guru yang tergabung dalam organisasi gugus sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.”
Segala bentuk usaha yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif di kelas dapat dibahas bersama-sama di KKG, dan juga permasalahan yang muncul dalam proses belajar mengajar dapat dicarikan solusinya melalui program bedah masalah di KKG. Beber Ico.

Kegiatan KKG yang dilaksanakan oleh bidang PTK SD DIKBUDPORA Kabupaten Bima ini diikuti oleh 165 orang terdiri dari Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas jenjang SD.

Tujuan kegiatan yakni peningkatan Kompetensi Guru dan pemecahan masalah dalam proses KBM, meningkatkan pemahaman para peserta KKG dalam menangani masalah yang ada pada setiap sekolah wilayah kerja.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 3 s/d 7 september 2018 di SDN Penapali Kecamatan Woha yang di buka secara resmi oleh kepala dinas DIKBUDPORA Kabupaten Bima H. Makruf, SE. Senin, (3/09/18).

Kasi PTK SD Ico Rahmawati, S.Pd M.Pd, menambahkan, Dari sejumlah peserta yang ikut pada kegiatan yang dimaksud akan diberikan piagam penghargaan dan diberikan penilaian berdasarkan hasil kegiatan.

Sementara untuk jumlah peserta akan diambil merata di seluruh Kecamatan yang ada di seluruh Kabupaten Bima dan kalaupun permintaan dinas tidak terpenuhi dari Kecamatan yang dituju, maka akan digantikan oleh peserta lain dari kecamatan terdekat sekitar lokasi kegiatan.

Sebagai bentuk keseriusan puhak dinas Dikbudpora Kabupaten Bima untuk kedepan pihak dinas akan lakukan monitoring dan cek langsung ke lokasi gugus masing-masin sudah sejauh mana implementasi dari hasil kegiatan tersebut.

Semoga dalam kegiatan ini untuk kedepan dapat diimplementasikan kepada para guru yang lain disetiap sekolah pada wilayah masing-masing. Harap Ico. Kupas (imink*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berikan Tanggapan Terkait Berita
Gunakan Bahasa yang tidak Mengandung Sara,Porno,Intimidasi dan Pelecehan.

Pages