Pendamping PKH Diberi Pembinaan Oleh Bupati Bima - KUPAS BIMA

Headline News

Minggu, 14 Oktober 2018

Pendamping PKH Diberi Pembinaan Oleh Bupati Bima


Bima_Kupas Bima. Para pendamping Program Keluarga Harapan yang tersebar di wilayah Kabupaten Bima pada Kamis (11/10/2018) mendapatkan Bimbingan dan  pembinaan oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri yang dilangsungkan di aula Vokasi Unram Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kapolres Bima Kabupaten, Ketua DPRD Kabupaten Bima, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima beserta jajaranya, para pendamping PKH dan Koordinator PKH.

Bupati Bima mengatakan bahwa Program Keluarga Harapan dimaksudkan sebagai upaya membangun sistem perlindungan sosial pada masyarakat miskin dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan sosial penduduk miskin sekaligus upaya memotong rantai kemiskinan yang terjadi selama ini.

Dengan adanya program ini Rumah Tangga/Keluarga Sangat Miskin (RTSM/KSM) memiliki akses yang sangat baik untuk memanfaatkan pelayanan sosial dasar, yaitu kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, termasuk menghilangkan kesenjangan sosial, ketidak berdayaan dan keterasingan sosial yang selama ini melekat pada diri masyarakat miskin.

Program Keluarga Harapan ini akan memberikan manfaat jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, PKH akan memberikan income effect kepada RTSM/KSM melalui pengurangan beban pengeluaran rumah tangga, untuk jangka panjang program ini diharapkan mampu memutus rantai kemiskinan antar generasi melalui peningkatan kualitas kesehatan/nutrisi, pendidikan dan kapasitas pendapatan anak dimasa depan (price effect anak keluarga miskin (serta memberikan kepastian kepada si anak akan masa depannya (insuranceeffect).

Secara faktual dan menurut teori yang ada, tingkat kemiskinan tingkat kemiskinan suatu rumah tangga secara umum terkait dengan tingkat kesehatan dan pendidikan.

Keberadaan para pendamping  pada Program keluarga Harapan ini merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan program dari Kementerian Sosial mengemban tugas-tugasnya dalam rangka pelaksana Program Keluarga Harapan.

Ini merupakan bagian dari Pemerintah, Oleh karena itu seluruh aktivitas Para Pendamping  PKH menjadi representasi pemerintah dan harus menjadi bagian dari solusi di tingkat lokal. Seluruh Unsur–unsur tersebut harus bersatu padu dan perlu ditingkatkan kapasitasnya agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri berharap, melalui pembinaan ini para pendamping ini bisa mendapatkan bekal ilmu yang akan diterapkan dalam masyarakat.

Sementara menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Salahuddin, SH, M.Si dalam pengantar bahwa diadakan pembinaan terhadap para pendamping PKH ini dalam rangka memberikan pemahanan tekait dengan kegiatan yang dilaksanakan, sehingga dari kegiatan tersebut kedepanya dapat memberikan manfaat jangka pendek dan jangka panjang bagi para penerima manfaat.

Adapun para pendamping PKH yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 103 orang yang berasal dari daerah/wilayah yang berada di Kabupaten Bima, sehingga dari pembinaan yang diberikan ini diharapkan para pendamping PKH dapat melaksanakan tugasnya dan mendedikasikan dirinya guna membantu para peneriman manfaat. Ujarnya

Keberadaan para pendamping Progam Keluarga Harapan ini kedepanya dapat memberikan pemahanan tekait dengan kegiatan yang dilaksanakan, sehingga dari kegiatan tersebut kedepanya dapat memberikan manfaat jangka pendek dan jangka panjang bagi para penerima manfaat. Tutup Salahudin.
Kupas Bima (001*/Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berikan Tanggapan Terkait Berita
Gunakan Bahasa yang tidak Mengandung Sara,Porno,Intimidasi dan Pelecehan.

Pages