Wakil Wali Kota, Sektor Perhubungan dan Pendidikan Merupakan Pendukung Kemajuan Bangsa - KUPAS BIMA

Headline News

Selasa, 06 November 2018

Wakil Wali Kota, Sektor Perhubungan dan Pendidikan Merupakan Pendukung Kemajuan Bangsa


Kota Bima_Kupas. Com. Sektor perhubungan dan pendidikan menjadi pendukung kemajuan bangsa, demikian disampaikan oleh Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH, pada kegiatan Dialog Nasional yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mbojo Bima di auditorium STIE Bima pda Senin, 5 November 2018.

Acara dialog bertema “Indonesia Maju” ini menghadirkan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Drs. Budi Setyadi, Sh, M.Si, dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si. sebagai narasumber.

Dialog diikuti para akademisi, pimpinan instansi terkait lingkup Pemerintah Kota Bima dan Kabupaten Bima serta para mahasiswa.

Pimpinan STIE Mbojo Bima Firdaus, ST, MM, menjelaskan, Dialog Nasional ini diadakan sebagai ruang bertukar pendapat dan transfer ilmu pengetahuan tentang kondisi bangsa dan hal-hal yang dapat dilakukan bersama untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Wakil Walikota menyampaikan penghargaan kepada STIE Mbojo Bima yang menyelenggarakan kegiatan ini. “Tema yang diangkat dalam seminar ini memiliki makna yang luas sekali, yakni Indonesia Maju. Berhubung yang diundang sebagai narasumber adalah dari Kementerian Perhubungan dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, diskusi ini tentunya lebih banyak mengarah pada sektor perhubungan dan pendidikan”, kata Wakil Walikota dalam sambutannya.

Diuraikannya, peran perhubungan tidak bisa dilepaskan dari tujuan nasional bangsa ini sebagaimana tercantum dalam alinea ke-4 pembukaan UUD 1945. Tujuan nasional kita diantaranya memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Kesejahteraan umum salah satunya dicapai melalui pembangunan perekonomian.

“Pembangunan infrastruktur transportasi menunjang pembangunan ekonomi sehingga tercipta pemerataan kesejahteraan dan ekonomi yang berkeadilan. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peran transportasi sebagai penghubung distribusi ekonomi, politik, dan sosial budaya. Tanpa adanya sarana dan prasarana transportasi yang baik dan memadai, maka pembangunan perekonomian dapat terhambat”, kata Wakil Walikota.

Bangsa Indonesia terdiri atas kurang lebih 17.000 pulau. Pulau yang dihuni sebanyak 6.000 pulau. Dari 6.000 pulau itu ada 78.000 kelurahan dan desa, dan semua itu wajib dihubungkan dengan transportasi.

“Transportasi kini menjadi suatu kebutuhan dasar yang keempat, setelah sandang, pangan, dan papan. Coba kita bayangkan, kalau satu hari saja transportasi mogok, maka sangat membahayakan dan bisa membuat rakyat dan negara ini terganggu untuk beraktivitas”, KATA Wakil Walikota.

Ia menjelaskan, dalam konteks pembangunan dan pengembangan daerah, keberadaan sarana dan prasarana transportasi menunjang sektor-sektor pembangunan yang lain yaitu sektor perekonomian, perdagangan, perindustrian, pertanian, dan sebagainya.

Yang kedua, ia berperan sebagai promoting sector, yaitu sektor yang merangsang pertumbuhan daerah.

“Kita berusaha membuka akses ke kawasan pinggiran kota, tujuannya yaitu kalau kawasan itu terhubungkan dengan baik oleh transportasi maka kawasan itu akan cepat berkembang”, jelasnya.

Demikian pula besarnya peran sektor pendidikan. Kemajuan suatu daerah dan bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan. Hasil dari pendidikan itu sendiri secara holistik akan berpengaruh ke sektor-sektor lainnya di dalam perkembangan sebuah negara atau wilayah. Pendidikan juga diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah sosial dan budaya.

“Pada kesempatan ini, saya bersyukur atas kehadiran banyak lembaga pendidikan tinggi di Kota Bima, salah satunya STIE Mbojo. Harapan saya kedepan, agar kiranya berbagai kampus ini dapat mencetak lulusan yang berjiwa enterpreneur sehingga dapat berkontribusi dalam memajukan daerah”, harap Wakil Walikota.

Dialog dilanjutkan dengan diskusi yang diawali pemaparan kedua narasumber. Kupas Bima (001*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berikan Tanggapan Terkait Berita
Gunakan Bahasa yang tidak Mengandung Sara,Porno,Intimidasi dan Pelecehan.

Pages