Puskesmas Palibelo Terima Mahasiswa KKN Poltekes Mataram - KUPAS BIMA

Headline News

Rabu, 23 Januari 2019

Puskesmas Palibelo Terima Mahasiswa KKN Poltekes Mataram


Bima_Kupas Bima. Kuliah kerja nyata merupakan langkah yang diambil oleh salah satu perguruan tinggi baik PTN maupun PTS terhadap mahasiswanya untuk mengedukasikan diri serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Hal inilah yang dilakukan oleh salah satu perguruan tinggi kesehatan mataram, kampus tersebut telah menyebarkan sejumlah kelompok mahasiswanya untuk KKN di Kabupaten Bima tepatnya pada lima puskesmas yang ada.

Adapun yang menjadi Tema KKN Poltekes Mataram tahun 2019 yakni Peningkatan Pelayanan Kesehatan dan Pencegahan Stunting menuju "NTB Gemilang". Ungkap Ketua Team.

Sementara kepala puskesmas Palibelo Hj. Titien Sunarni yang dikonfirmasi media ini di ruang kerjanya menyatakan bahwa KKN Poltekkes Mataram di Puskesmas Palibelo ini sudah kali yang kedua, dimana tahun lalupun kami menerima kehadiran para seniornya, ungkapnya Selasa 22/01/19.

Masih sambung Umi Titien, para Mahasiswa akqn diarahkan untuk melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat terutama kegiatan yang menunjang 1000 hari pertama kehidupan mulai dari kehamilan sampai balita berusia 23 bulan.

Adapun jenis kegiatan ini meliputi : Ibu hamil, Penyuluhan tentang pentingnya konsumsi makanan yang bergizi, Pemberian PMT untuk bumil KEK, Pemberian Tablet Tambah Darah 90 tablet selama masa kehamilan, menjaga diri supaya tetap sehat (tidak sakit).

Untuk saat bayi lahir, persalinan di fasilitas kesehatan supaya dilakukan IMD (Inisiasi Menyusu Dini)  kemudian diberikan ASI Eksklusif.

Saat bayi berumur 6-23 bulan diberikan MP-ASI dan Vitamin A, Memantau pertumbuhan balita setiap bulannya melalui penimbangan di posyandu serta selalu memperhatikan PHBS (Pola Hidup Bersih dan sehat).

Kepala Puskesmas berharap kepada para mahasiswa KKN agar bekerja maksimal serta mampu berbaur dengan para masyarakat terutama para ibu hamil yang menjadi fokusnya dalam mengaplikasikan ilmu yang didapatnya dalam lingkungan pendidikan atau bangku kuliah.

Umi titien juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah palibelo serta seluruh lapisan masyarakat yang telah menerima kehadiran para mahasiswa KKN Poltekes Mataram ini. Semoga kita dapat bekerjasama dalam mendukung program para mahasiswa kedepan. Tutupnya.
Kupas Bima (imink*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berikan Tanggapan Terkait Berita
Gunakan Bahasa yang tidak Mengandung Sara,Porno,Intimidasi dan Pelecehan.

Pages