Akibat Rusak Kena Gempa SDN OI Bura Dipastikan Dapat Bantuan - KUPAS BIMA

Headline News

Rabu, 15 Agustus 2018

Akibat Rusak Kena Gempa SDN OI Bura Dipastikan Dapat Bantuan


BIMA_KUPAS BIMA. Wakil Bupati Bima Drs. H Dahlan M. Noer, M. Pd, memantau langsung kondisi SDN Oi  Bura Kecamatan Tambora Kabupaten Bima, Selasa (14/8/18).

Wabup menegaskan untuk bangunan sekolah yang rusak akibat gempa itu diprioritaskan mendapat bantuan dari Pemerintah baik dari APBN maupun APBD. Jelasnya.

Sementara Kepala SDN Tambora Desa Oi Bura Basrin, S. Pd, menjelaskan, kondisi bangunan sekolah yang dipimpinnya rusak, akibat gempa bumi tidak lama ini, bangunan tua itu sudah retak dibagian dinding dan plafon sudah berjatuhan berserakan. Ungkapnya dihadapan Babe.

"Sejak gempa minggu kemarin, saya langsung laporkan ke Dinas dan Pemda, berdasarkan perintah Wabup, siswa dialihkan untuk sementara ke tempat aman," kata dia dilokasi.

Sebagai kepala sekolah, dia berterima kasih kepada Wakil Bupati Bima beserta rombongan. Karena sudah meninjau langsung keadaa  SDN Oi Bura Kecamatan Tambora tepatnya di lereng gunung Tambora.

"Saat itu, Wabup perintahkan proses KBM di pindahkan sementara di Aula pesanggarahan atau Uma NaE. Siswa dan infentaris sudah kami pindahkan semua," kata dia.

Kata dia, dari pada 80 lebih orang siswa serta guru tertimpa bangunan sekolah yang ambruk akibat gempa bumi, pihaknya harus mengambil sikap untuk selamatkan manusia dari bencana."Siswa tidak mau kembali ke sekolah lama, karena kondisinya sudah memprihatinkan," ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Oi Bura Wahyudin, mengaku tidak lama ini siswa yang dominan dari Desanya itu belajar di pesanggrahan, sebagai kepala Desa dia juga memikirkan jarak tempuh yang akan dilewati oleh siswa.

"Saya sanggup sediakan lahan untuk bangun sekolah yang dekat dengan perkampungan, asalkan Pemerintah memberikan bantuan bangun baru," tegas Kades.
Dia mengaku, bangunan sekolah ini sudah lama, jadi wajar bila tidak mampu menahan getaran saat datang gempa bumi."Saya sudah sampaikan kepada Kepala Sekolah agar memikirkan tempat sekolah yang lebih dekat, supaya KBM berjalan efektif," kata dia.

Dalam kesempatan itu juga, Wakil Bupati Bima Drs. H Dahlan M. Noer, M. Pd, meminta kepada Kabid Dikdas Dikbudpora Kabupaten Bima Hj. Jubaidah yang mendampinginya agar memproses lebih cepat kerusakan fisik sekolah ini.

"Sekolah ini rusak akibat gempa bumi, jadi kami ingin memastikan seperti apa dampak gempa kemarin, setiap kerusakan akibat gempa, akan kami laporkan langsung ke pusat," kata dia.

Dia mengaku, Pendidikan adalah harys diutamakan di Kecamatan Tambora, pihaknya akan memastikan kerusakan ini akan mendapat bantuan dari Pemerintah.

"Ini harus diperhatikan, pendidikan itu cermin dari visi misi Bima Ramah," kata dia.

Wabup memantau sekokah yang terkena dampak gempa bumi itu, didampingi Camat Tambora Drs Isyrah, Kabid Dikdas Hj. Jubaidah, Kepala Desa Oi Bura, Kepala Sekolah dan Guru serta masyarakat.
Kupas (imink*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berikan Tanggapan Terkait Berita
Gunakan Bahasa yang tidak Mengandung Sara,Porno,Intimidasi dan Pelecehan.

Pages